danau ranau

danau ranau
danau kebanggaan

Tuesday, April 2, 2013


Pendekatan-pendekatan dalam Pendidikan Perbandingan


By on 8:38 PM


1.Pendekatan Antropologis                                                                        
            Pendekatan antropologis dalam memahami agama, dapat diartikan sebagai salah satu upaya memahami agama dengan cara melihat wujud praktik keagamaan yang tumbuh dan berkembang dalam masyarakat. Melalui pendekatan ini agama tampak akrab dan dekat dengan masalah- masalah yang dihadaapi manusia dan berupaya menjelaskan, serta memberikan jawabannya.Dengan kata lain, cara yang di gunakan dalam disiplin ilmu antropologi dalam melihat suatu masalah, dapat pula digunakan untuk memahami agama.
2.Pendekatan Sosiologis
            Pendekatan ini dapat digunakan sebagai salah satu pendekatan dalam memahami agama, karena banyak kajian bidang agama baru dapat dipahami secara proposional dan tepat apabila menggunakan pendekatan sosiologi.Pendekatan ini dapat diartikan sebagaimana pendekatan agama melalui ilmu-ilmu social, karena di dalam agama banyak timbul permasalahan social.
3.Pendekatan Filosofis
            Pendekatan filosofis dapat di artikan sebagai upaya pendekatan agama melalui ilmu filsafat. Berfikir secara filosofis, dapat di pergunakan dalam memahami ajaran agama dapat di mengerti secara seksama.
4.Pendekatan historis
            Pendekatan historis adalah pendekatan agama melalui ilmu sejarah.Menurut ilmu ini, segala peristiwa itu terjadi, dimana, apa sebabnya, dan siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut.Melalui pendekatan ini, seseorang diajak menukkik dari alam idealis kea lam yang bersifat empiris dan mendunia.



5.Pendekatan kebudayaan
            Pendekatan kebudayaan adalah pendekatan melalui budaya seperti kepercayaan, kesenian, adat istiadat misalnya: cara berpakaian di saat resepsi pernikahan dan lain- lain.
6.Pendekatan psikologis
            Islam banyak mengajarkan kepada pemeluknya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kemanusiaan. Contohnya islam mengajarakan agar sholat lima waktu di laksanakan dengan berjamaah.
7.Pendekatan Tipologi
            Pendekatan ini memahami tentang sosiologi di anggap objektif yang berisi tentang klasifikasi topic dan tema yang sesuai dengan tipenya.
8. Pendekatan sistem historis Tipologi
            Yaitu dengan usaha mengklasifikasikan sistem social dan struktur yang tidak menyarankan pengaturan evolusi atau hirarkis. Perbandingan ini dikenal karena historis upaya untuk mengembangkan kategori mewakili dunia politik kontemporer.[1]


[1]Binti Maunah, Perbandingan Pendidikan Islam, (Yogyakarta : Teras, 2011) hlm. 45-51.

Tukang Coding
Judul: Pendekatan-pendekatan dalam Pendidikan Perbandingan
Review oleh: pramuka /riyan aulia | Roy Aswin Hendra Aulia
Update pada: 8:38 PM | Rating: 4.5

Comment for "Pendekatan-pendekatan dalam Pendidikan Perbandingan"

1 comments:

  1. These are in fact fantastic ideas in concerning
    blogging. You have touched some good things here.

    Any way keep up wrinting.

    Feel free to surf to my page - how to make fast money online

    ReplyDelete