danau ranau

danau ranau
danau kebanggaan

Thursday, April 4, 2013


PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA


By on 7:45 PM



 
PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA


Maraknya narkotika dan obat-obatan terlarang telah banyak mempengaruhi mental dan sekaligus pendidikan bagi para pelajar saat ini. Masa depan bangsa yang besar ini bergantung sepenuhnya pada upaya pembebasan kaum muda dari bahaya narkoba. Narkoba telah menyentuh lingkaran yang semakin dekat dengan kita semua. Teman dan saudara kita mulai terjerat oleh narkoba yang sering kali dapat mematikan. Sebagai makhluk Tuhan yang kian dewasa, seharusnya kita senantiasa berfikir jernih untuk menghadapi globalisasi teknologi dan globalisasi yang berdampak langsung pada keluarga dan remaja penerus bangsa khususnya. Kita harus memerangi kesia-siaan yang di akibatkan oleh narkoba.
I    Penyebab Penyalahgunaan Narkoba
1.      a. Kegagalan yang di alami dalam kehidupan
Tidak memiliki rasa percaya diri ataupun kurang mendapat kasih sayang orang tua dapat menyebabkan timbulkan penyalahgunaan narkoba di kalangan remaja. Misalnya saja, orang tua yang terbilang sukses dalam berkarir tetepi kurang memberi perhatian kepada keluarga, adanya perselisihan di keluarga hingga mengalami kehancuran (Broken Home).
b.   Pergaulan yang bebas dan lingkungan yang kurang tepat.
Menurut teori Waddington, mengenai “develope mental land scape”, jika seorang anak di tempatkan pada suatu lingkungan tertentu, maka sulitlah bagi kalangan tersebut untuk mengubah pengaruhnya, terlebih lagi jika lingkungan itu sangat kuat mempengaruhi anak tersebut. Dengan demikian untuk mencegah penggunaan narkoba, maka  land scape (lingkungan) yang baik saat ini adalah lingkungan Islam. Sebagai orang tua seharusnya dapat memperingatkan anaknya agar tidak bergaul dengan teman yang berakhlak tidak baik.
  1. c. Kurangnya siraman agama
Untuk memerangi narkoba, upaya yang perlu di lakukan adalah       membangkitkan kesadaran beragama dan menginformasikan hal-hal yang positif dan bermanfaat kepada para remaja. Karena, pada zaman sekarang ini sangt sedikit para remaja yang sadar akan pentingnya siraman agama.
  1. d. Keinginan untuk sekadar mencoba
Keyakinan bahwa bila mencoba sekali takkan ketagihan adalah salah satu penyebab penggunaan narkoba, karena sekali memakai narkoba maka mengalami ketagihan dan sulit untuk di hentikan. Maka dari itu, bila seseorang ingin terhindar dari narkoba, harus dapat menjauhkan dirinya dari hal-hal yang memungkinkan untuk mencoba dan bersentuhan dengan narkoba.
II.  Narkoba Yang Banyak Beredar Di Masyarakat.
Ada banyak jenis narkoba yang beredar di masyarakat yang banyak di salahgunakan oleh remaja, antara lain:
  • Ganja, di sebut juga dengan mariyuana, grass/rumput, pot, cannabis, joint, hashish, cimeng.
  • Heroin, di sebut juga dengan putaw, putih, PT, bedak, etep.
  • Morfin, yaitu narkoba yang di olah dari candu/opium yang mentah.
  • Kokain, di sebut juga dengan crack, coke, girl, lady.
  • Ekstasi, di sebut juga  dengan ineks, kancing.
  • Shabu-shabu, di sebut juga dengan es, ss, ubas, kristal, mecin.
  • Amphetamin, di sebut juga dengan speed.
 Zat Hirup
Berbagai jenis bahan perekat yang di pasarkan sebagai bahan bangunan juga sering kali di salah gunakan untuk di hirup, antara lain: lem kayu (sejanis aica aibon), cat, thinner.
 Obat Penenang, di sebut juga pil koplo
berbagai obat penenang dan obat tidur (anti-insomnia) juga sring di pakai oleh pecandu narkoba. Obat-obatan in masuk daftar G dan psikotropika, tetapi di perjualbelikan secara bebas di kios-kios kaki lima.
  1. a. Akibat Penyalahgunaan Narkoba Terhadap Kesehatan.
Secara keseluruhan obat-obatan ini dapat menimbulkan gangguan-gangguan pada sistem saraf manusia, juga pada organ-organ tubuh manusia. Narkoba juga akan mengakibatkan kcanduan/ketagihan kepada pemakainya dan apabila pemakaian di hentikan, dapat mengakibatkan kematian. Ciri-ciri kecanduan antara lain: kejang, sakit perut, badan gemetar, muntah-muntah, mata dan hidung berair, hilangnya nafsu makan dan hilangnya/berkurangnya berat badan.
  1. b. Akibat Penggunaan Narkoba Terhadap Lingkungan Di Masyarakat
Penggunaan narkoba dapat menghilangkan kesadaran pemakainya, menyebabkan paranoia (linglung), juga dapat membuat pemakainya menjadi ganas dan liar sehingga dapat mengganggu ketentraman di masyarakat.
Untuk mendapatkan barang-barang haram itu, di perlukan tidak sedikit biaya, sehingga dapat menimbulkan perbuatan-perbuatan kriminal seperti pencurian, perampasan ataupun pertengkaran dan tidak sedikit pula yang menimbulkan pembunuhan.
III  Pencegahan Dan Penanggulangan Terhadap Penyalahgunaan Narkoba
Ada banyak hal untuk mencegah penggunaan narkoba antara lain adalah:
  • membangkitkan kesadaran beragama, menginformasikan hal-hal positif dan bermanfaat.
  • Selektif dalam memilih teman.
  • Selektif dalam memilih makanan dan minuman.
  • Menghindarkan diri dari lingkungan yang tidak tepat.
  • Membentuk kelompok-kelompok kecil yang saling mengingatkan.
  • Bila berhadapan dengan orang/teman yang mulai bersentuhan dengan narkoba, gunakan kasih sayang  untuk menariknya ke jalan hidup yang lebih sehat.
  • Mengetahui fakta-fakta tentang narkoba termasuk akibat-akibat yang di timbulkan oleh barang-barang haram tersebut.

Alasan Memakai Narkoba - Banyak alasan mengapa narkoba disalahgunakan diantaranya agar dapat diterima oleh lingkungan, mengurangi stres, mengurangi kecemasan, agar bebas dari rasa murung, mengurangi keletihan, kejenuhan atau kebosanan, untuk mengatasi masalah pribadi, dll.

Akan teteapi, terlepas dari semua alasan diatas, seseorang memakai narkoba, karena narkoba membuatnya merasa nikmat, enak dan nyaman pada awal pemakaian. Perasaan yang dihasilkan oleh narkoba itulah yang mula-mula dicari pemakai. Mereka tidak melihat akibat buruk penggunaan narkoba. Justru mereka tidak percaya akibat buruk atau bahayanya, sebagaimana dikatakan orang dewasa. Akibat buruk itu baru dirasakan setelah beberapa kali pemakaian, tetapi saat itu telah terjadi kecanduan dan ketergantungan.
Alasan memakai narkoba dapat dikelompokkan sebagai berikut :
  1. Anticipatory beliefs, yaitu anggapan bahwa jika memakai narkoba, orang akan menilai dirinya hebat, dewasa, mengikuti mode, dsb.
  2. Relieving beliefs, yaitu keyakinan bahwa narkoba dapat digunakan untuk mengatasi ketegangan, cemas, dan depresi akibat stresor psikososial.
  3. Facilitative atau permissive beliefs, yaitu anggapan bahwa penggunaan narkoba merupakan gaya hidup atau kebiasaan karena pengaruh zaman atau perubahan nilai sehingga dapat diterima.
Jadi, penggunaan narkoba berawal dari persepsi, anggapan atau keyakinan keliru yang tumbuh dari masyarakat. Mereka tidak mau memahami atau tidak mau menerima kenyataan atau fakta yang dapat dibuktikan secara ilmiah dan sah menurut hukum. Akan tetapi, terlepas dari semua alasan diatas, remaja menyalahgunakan narkoba, karena kepadanya ditawarkan oleh seseorang atau sekelompok teman sebaya, agar mau mencoba memakainya. Penawaran terjadi pada situasi santai pada kehidupan sehari-hari: dikantin sekolah, pulang dari sekolah, dijalan, direstoran, mal, rumah teman, dll. Oleh karena itu, anak dan remaja perlu meningkatkan kewaspadaan mengenai berbagai situasi penawaran dan mengetahui perbedaan antara fakta dengan mitos yang berkembang.

Nah sekarang anda sudah tahu bagaimana bahayanya NARKOBA. Setelah anda mengetahuinya apakah anda masih ingin memakai barang tersebut? Ketahuilah, sehat itu nilai yang sangat mahal harganya bahkan tiada banding. Jangan sia-siakan hidup anda dengan mengonsumsi barang terlarang tersebut karena sama halnya dengan anda bertaruh nyawa. “SAY NO TO DRUGS”

Tukang Coding
Judul: PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA
Review oleh: pramuka /riyan aulia | Roy Aswin Hendra Aulia
Update pada: 7:45 PM | Rating: 4.5

Comment for "PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI KALANGAN REMAJA"

15 comments:

  1. I do not know if it's just me or if everybody else encountering issues with your site. It seems like some of the written text on your posts are running off the screen. Can somebody else please comment and let me know if this is happening to them as well? This may be a problem with my web browser because I've had this happen previously.
    Thank you

    my site: http://www.youtube.com/watch?v=ScFvd7Deva0

    ReplyDelete
  2. Having read this I believed it was really enlightening.
    I appreciate you taking the time and effort to put this information together.
    I once again find myself personally spending a lot of
    time both reading and leaving comments. But so what, it was
    still worthwhile!

    Also visit my site :: visit

    ReplyDelete
  3. Good site you've got here.. It's difficult to find quality writing like yours nowadays.
    I honestly appreciate people like you! Take care!!

    Also visit my web-site - visit

    ReplyDelete
  4. I соuld not гefгаin from cоmmenting.
    Very well writtеn!

    Ϻy homеpage; Payday Loans

    ReplyDelete
  5. Right here is the right webpage for everyone who would like to find out about
    this topic. You know so much its almost tough to argue with you
    (not that I personally would want to…HaHa). You definitely put a fresh spin on a subject that has been
    written about for many years. Excellent stuff, just excellent!


    My weblog; visit

    ReplyDelete
  6. I am in fact pleased to read this web site posts which includes tons of useful data,
    thanks for providing such information.

    Feel free to surf to my webpage; www.the-free-directory-web-directory.qroot.org

    ReplyDelete
  7. It is not my first time to pay a quick visit this website, i am browsing this website dailly
    and take fastidious facts from here every day.

    My webpage: comefaresoldi

    ReplyDelete
  8. Every weekend i used to visit this site, because i wish for enjoyment, since this this
    web page conations actually fastidious funny stuff too.


    My homepage :: binary options scam

    ReplyDelete
  9. It is the best time to make some plans for the future and it's time to be happy. I have read this post and if I could I wish to suggest you few interesting things or tips. Maybe you can write next articles referring to this article. I wish to read more things about it!

    Here is my homepage cedarfiance ()

    ReplyDelete
  10. It's great that you are getting thoughts from this paragraph as well as from our argument made at this place.

    Take a look at my page; how to make easy money online

    ReplyDelete
  11. We're a group of volunteers and opening a new scheme in our community. Your website provided us with valuable info to work on. You've done an impressive
    job and our entire community will be thankful to you.



    Feel free to visit my website :: http://www.youtube.com/watch?v=MN36K29q7_Q

    ReplyDelete
  12. For newest information you have to pay a visit world-wide-web and on the web I found this web
    site as a best website for most recent updates.

    Also visit my web-site: gagnerdelargentrapidement

    ReplyDelete
  13. This post is worth everyone's attention. When can I find out more?

    my blog post; cedar.finace

    ReplyDelete
  14. Hi to every one, it's actually a pleasant for me to pay a visit this web site, it includes helpful Information.

    My homepage ... homepage

    ReplyDelete
  15. Good info. Lucky me I ran across your site by chance (stumbleupon).
    I've saved as a favorite for later!

    Also visit my web site :: laundry detergent coupons

    ReplyDelete